Kenali Tiga Tahapan Melahirkan Normal

06/21/2017

Ketahui Tiga Bagian Melahirkan Normal

Tiga bagian melahirkan normal yang pertama yaitu saat ibu hamil mulai alami kontraksi. Pergantian berlangsung pada ukuran leher rahim atau di kenal dengan arti pembukaan. Bagian setelah itu yaitu sistem mendorong bayi sampai terlahir ke dunia. Lalu bagian melahirkan normal disudahi dengan keluarnya plasenta sebagian menit sesudah bayi dilahirkan.

Bagian Pertama

Pada bagian ini Anda juga akan alami dua sistem, yakni fase awal serta fase aktif. Pada fase awal, leher rahim Anda juga akan menipis serta mulai terbuka. Kontraksi enteng juga akan Anda rasakan pada fase ini. Umumnya kontraksi berjalan sepanjang 30 sampai 90 detik dengan jarak kehadiran yang teratur, umpamanya setiap 5 menit.

Seiring waktu berjalan, leher rahim Anda juga akan mulai terbuka sedikit untuk sedikit. Anda juga juga akan lihat lendir bercampur darah keluar dari vagina.

Fase awal selesai saat pembukaan leher rahim menjangkau 4 cm. Tetapi untuk saat tentu yang dibutuhkan untuk menjangkau pembukaan itu tidak sama pada setiap individu. Bila ini kehamilan pertama Anda, fase ini biasanya juga akan menelan saat 6-12 jam. Pada ibu hamil yang lain, dapat lebih lama atau lebih pendek.

Bila terlebih dulu Anda telah sempat melahirkan, peluang fase ini juga akan jalan lebih cepat.

Sesaat pada fase aktif, leher rahim ibu hamil juga akan melebar lebih cepat. Pembukaan leher rahim pada fase ini menjangkau 10 cm. Kontraksi yang datang juga semakin lebih kuat, lebih lama, serta seringkali. Ibaratnya Anda telah tidak dapat sekali lagi bicara saat alami kontraksi begini.

Rasa tidak nyaman mulai Anda rasakan pada fase ini. Anda dapat rasakan kram kaki, desakan pada punggung, serta mungkin saja terasa mual. Bila belum juga berlangsung, air ketuban Anda juga akan pecah pada fase ini.

Bila Anda masih tetap dirumah pada fase ini, jadi berikut saat yang pas untuk bergegas ke tempat tinggal bersalin.

Intensitas rasa sakit yang juga akan Anda alami pada bagian ini juga akan bertambah. Bila Anda tidak kuasa menahannya, Anda dapat minta obat pereda rasa sakit atau suntik bius. Terkecuali dengan obat serta suntikan, rasa sakit dapat pula di hilangkan lewat cara alami.

Fase aktif umumnya berjalan pada 4-8 jam, bila ini yaitu kehamilan pertama Anda. Tetapi hal semacam ini kembal sekali lagi pada individu semasing.


Bagian Kedua

Bagian ini dikatakan sebagai sistem mendorong bayi supaya keluar dari badan Anda. Pada bagian berikut semuanya tenaga Anda mesti dikerahkan. Masuk bagian ini, Anda tak akan rasakan kontraksi seperti pada fase aktif. Jarak kehadirannya tidak demikian dekat hingga Anda mempunyai semakin banyak saat untuk beristirahat sebelumnya kemunculan kontraksi yang selanjutnya.

Dengan perlahan tempat bayi Anda juga akan turun ke jalan lahir. Anda dianjurkan untuk bersabar waktu menanti bayi turun serta tidaklah perlu terburu-buru untuk mendorongnya supaya cepat keluar. Biarkanlah rasa menginginkan mendorong datang dengan alami. Bersabar dapat juga buat badan Anda santai serta tidak stres.

Bila bayi Anda telah ada di pintu bawah panggul Anda, peluang rasa menginginkan mendorong juga akan ada dengan sendirinya. Tetapi bila bayi Anda masih tetap jauh dari pintu bawah panggul, peluang Anda akan tidak rasakan sensasi menginginkan mendorong.

Sesudah sebagian waktu, juga akan tampak benjolan pada jaringan pada vagina serta anus saat Anda mendorong. Selang beberapa saat, kulit kepala bayi juga akan tampak. Untuk seseorang ibu, ini yaitu peristiwa yang dinanti-nantikan. Bila Anda penasaran, Anda dapat memohon cermin untuk lihat kulit kepala si Buah Hati.

Sekarang ini rasa menginginkan mendorong juga akan merasa lebih kuat. Desakan kepala bayi Anda juga juga akan merasa lebih intens yang peluang juga akan disertai oleh rasa terbakar yang kuat karena meregangnya jaringan pada vagina serta anus Anda.

Semakin Anda mendorong, jadi kepala bayi juga akan semakin terdorong keluar. Dengan dorongan selanjutnya, kepala bayi juga akan keluar dengan prima. Kepala bayi Anda lalu juga akan menyamping karna bahunya mulai berputar-putar untuk bersiap-siap menuju pintu kelahiran. Dengan dorongan, bahunya juga akan tampak disusul oleh badan.

Selamat, bayi Anda telah lahir. Mulut serta hidung si Kecil juga akan dibikin bersih supaya gampang bernapas. Sesampainya didunia, si Kecil yang berlumuran lendir darah ini juga akan dikeringkan memakai handuk oleh suster. Bayi Anda juga akan dibungkus supaya senantiasa dalam kondisi hangat. Setelah itu, bila tak ada komplikasi, Anda dapat berjumpa dengan si Buah Hati yang sudah Anda kandung sepanjang berbulan-bulan lamanya.


Bagian Ketiga

Sesudah bayi lahir, Anda seperti rasakan kelegaan serta rasa bahagia yg tidak terbendung. Anda dapat memeluk serta menciumi bayi Anda dengan penuh rasa sayang. Tetapi, sistem melahirkan belum juga usai. Anda masih tetap mesti menanti sampai plasenta keluar dari rahim Anda. Umumnya plasenta juga akan keluar dalam kurun saat 5-10 menit. Tetapi ada pula yang berjalan sampai 1/2 jam.

Bagian ini dapat juga Anda pakai untuk memberi inisiasi menyusui awal (IMD) pada si Kecil. IMD begitu baik untuk bayi dan kepuasaan batin Anda. Tetapi Anda mesti bersabar karna tidak semuanya bayi ingin segera menyusu saat barusan dilahirkan. Meskipun demikian Anda janganlah putus harapan, selalu dekatkan bibir bayi ke payudara Anda sampai dia menghisap puting payudara Anda.

Setelah itu dokter juga akan mengecek apakah Anda membutuhkan perlakuan selanjutnya atau tidak, seperti jahitan atau hal yang lain. Bila ada jaringan kulit yang butuh dijahit, dokter juga akan terlebih dulu membius ruang itu.

Untuk Anda yang baru pertama kalinya melahirkan, umumnya sistem melahirkan keseluruhannya menelan saat 10-20 jam, bergantung pada individu semasing. Sistem lebih cepat bila Anda telah sempat melahirkan dengan normal.

Sistem melahirkan memanglah kuras saat, tenaga, serta fikiran. Tetapi hal tersebut tidak seberapa bila dibanding dengan hasil yang Anda peroleh, yakni berjumpa dengan si Buah Hati. Selamat jadi seseorang ibu.